kesehatan

Yes! Ini Cara Tetap Sehat Nikmati Olahan Daging Saat Idul Adha

IMG-20200730-WA0149

SURABAYA, JURNAL9.tv – Hari Raya Idul Adha tiba. Bersiaplah olahan daging dengan aneka rempah sempurna mendarat di meja makanmu. Siap untuk disantap bersama keluarga. Tapi ingat, upayakan agar tidak kalap agar tetap sehat dan bugar di era pandemi Covid-19 ya akhi wa ukhti.

Daging merah menjadi sumber makanan tinggi protein, kaya zat besi, vitamin B12 dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Terkadang, kita suka los dol, prei kanan kiri, saat mengonsumsi olahan yang super gurih dan sedap ini. Tanpa sadar sudah terlalu banyak daging yang kita makan. Bukan manfaat yang kita peroleh, justru memulai menjadiproblem kesehatan baru.

Agar Idul Adha kita penuh makna, meriah dan tetap sehat, nih simak tips dari Redaksi Jurnal9.TV agar tetap sehat dan bugar dalam mengonsumsi olahan daging. Yuks, dicatat ya!

1. Lengkapi Menu dengan Sayuran Hijau. Akhi-ukhti tentu tahu, sayuran hijau tinggi kandungan antioksidan yang mampu mencegah terakumulasinya kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu dapat membuatmu lebih kenyang, sehingga tidak kalap mengonsumsi olahan daging yang Subhanallah syedap-syedap itu. Akhi-ukhti bisa menambahkan variasi makanan pendamping yang sehat seperti tumis pokcoy, pelecing kangkung atau green smoothies di meja makan.

2. Gunakan Rempah Alami.
Beruntungnya kita menjadi orang Indonesia, rempah-rempah tak sulit didapat. Ragam manfaatnya mampu menjadi penyedap sekaligus penyeimbang olahan daging kita. Bawang putih misalnya, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Sedangkan bawang merah yang biasa kita temui di dapur, mengandung zat quercetin  yang cukup tinggi mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Minum Air Mineral Cukup
Memenuhi kebutuhan air minum yang cukup bukan hanya menghindarkan akhi-ukhti dari dehidrasi. Kekurangan minum air mineral dapat membuat kita merasa lebih sering lapar, sehingga perilaku mengonsumsi olahan daging tidak terkontrol. Maka cukupilah kebutuhan minum air mineral ya akhti wa ukhti.

Selamat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, ya akhi wa ukhti. Tetap jaga kesehatan kamu karena dengan tubuh yang sehat ibadah pun jadi lebih khusyu dan nikmat.
(eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top