HUBBUL WETON

Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Weton Apa yang Akan Menang?

pilkada

Mencermati beberapa data, baik pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah, mungkin akan ditemukan adanya keterkaitan antara pemenang dan hari pemilihan. Misalnya saja, pemilihan presiden tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 dengan weton Rebo Pahing dimenang oleh pasangan Joko Widodo-Makruf Amin. Joko Widodo sendiri wetonnya adalah Rebon Pon. Ada unsur hari yang “ngikut” dalam hal ini. Demikian pula pada pemilihan presiden tahun 2014 yang jatuh pada tanggal 9 Juli 2014 berweton Rabu Wage, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang. Anda saja, yang menang adalah Prabowo Subianto, maka unsur hari Rabu tetap ada, sebab wetonnya Prabowo Subianto adalah Rebo Pon, sama dengan Joko Widodo. Siapapun yang menang, tetap hari rabu, sama dengan hari pemilihan.

Saya juga akan mengambil beberapa pemilihan kepadal daerah, tingkat provinsi. Ada tiga daerah di Jawa yang dominan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pada pemilihan kepala daerah tahun 2018 bertanggal 27 Juni 2018 berweton Rebo Pon. Dari ketiganya pasangan hanya pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang tidak ada hubungannya, baik hari dan pasarannya. Sebab keduanya lahir di hari Sabtu, pasaran Ganjar Pahing dan Taj Yasin Wage. Sedangkan Khofifah wetonnya Rebo Legi, membawa hari Rebo. Kemudian Wakil Gubernur UU Ruzanul Ulum membawa Pon.

Pemilihan kepala daerah DKI, tahap kedua yang menentukan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno digelar tanggal 19 Aril 2017 berweton Rabu Wage. Sementara weton Anies Baswedan adalah Rabu Pon. Ada unsur hari yang masuk dalam hitungan tersebut.

Dari sekian data yang saya sajikan, nampaknya kemenangan pasangan kepala daerah akan membawa unsur weton, baik hari dan pasaran kelahiran dari pasangan kepala daerah dan wakilnya. Ada yang berasal dari kepala daerah, namun juga ada wakilnya. Namun demikian, temuan ini tidak bisa mengklaim untuk semua pemilihan kepala daerah. Saya hanya mengambil sedikit sampel saja.

Nah, pemilihan kepala daerah tanggal 9 Desember 2020 adalah berweton Rabu Wage. Apakah calon pasangan kepala daerah yang membawa unsur Rabu dan Wage akan jadi pemenang? Wallahu ‘alam. Sebab banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Termasuk startegi pemenangan para pasangan calon kepala daerah. Namun, ini bisa jadi modal petunjuk awal untuk meningkatkan potensi para pasangan calon agar menemukan strategi yang tepat bisa memenangkan kompetisi ini.

Penulis: Sururi Arumbani

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top