peristiwa

Video Keren, Ulama dan Umaro Bersatu Melawan Covid19

WhatsApp Image 2020-07-22 at 13.17.56

PASURUAN: Bagaimana saat para pimpinan pemerintahan bahu-membahu bersama para kiai dan ulama mengimbau rakyat dan umat mematuhi protokol kesehatan serta menjaga kesehatan? Semuanya tersaji secara epik dan apik melalui video berdurasi 3 menit 10 detik yang kini mulai viral di media sosial.

Adalah Bupati Pasuruan, H. Irsyad Yusuf, MMA yang menginisiasi. Bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Pasuruan, Gus Bupati Irsyad -panggilan akrabnya- menyerukan kepada rakyatnya untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sosial hingga berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diselamatkan dari ancaman covid 19. Wakil Bupati, Kapolres Bangil, Kapolresta Pasuruan, Komandan Kodim 0818 dan Ketua DPRD bergantian memberikan statement dan imbauannya secara bersambung.

Cukup? Belum. Yang menarik, justru sekuel berikutnya. Belasan kiai memberikan nasihat pendek dengan terminilogi khas ala kiai, pendek dan cespleng. Ada Kiai sepuh Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan dan Bangil, Kiai Muzakki Birrul Alim, KH Mujtaba Abdus Shomad, KH Muhibbul Aman, KH Inron Mutamakkin, KH Ma’shum Hasyim, KH Shonhaji Abd Shomad hingga Kiai Muda seperti Gus Ali Fikri. Yang menarik, KH Suadi Abuamar menyampaikan cuplikan seruannya dengan bahasa Madura yang banyak digunakan oleh masyarakat Pasuruan.

Kepada jurnal9.tv Bupati Pasuruan menyampaikan, kreativitas video annauncement ini merupakan tindak lanjut seruan tertulis bersama Forkopimda. Kabupaten Pasuruan bersama 32 ulama yang sudah beredar luas.

Berikut 10 poin Maklumat tersebut yang kembali disampaikan melalui video:

1.Senantiasa taqarrub ila Allah. Melalui doa, dzikir, wirid, dan salawat, agar pandemi segera berakhir dan yang sakit segera bisa sembuh.
2. Sedapat mungkin dalam keadaan suci, dengan berusaha menjaga wudlu.
3. Membiasakan diri pola hidup sehat, dengan niat agar terhindar dari penyakit.
4. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
5. Mengenakan masker saat di luar rumah dan atau dalam kelompo orang
6. Hindari kerumunan. jika terpaksa patuhi protokol kesehatan
7. Kembali membiasakan minum jamu, vitamin, dan berolahraga
8. Mengikuti dan mematuhi ulil amri dalam protokol kesehatan dan tata laksana penanganan Covid-19
9. Pemulasaraan jenazah korban Covid-19 sudah sesuai dengan syariat Islam sesuai arahan PCNU Kabupaten Pasuruan dan PCNU Bangil.

Mau lihat videonya? Klik di sini:

Himbauan Ulama dan Umara Kabupaten Pasuruan tentang #Covid19Himbauan Ulama dan Umara Kabupaten Pasuruan tentang #Covid19

Dikirim oleh Televisi Sembilan pada Selasa, 21 Juli 2020

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top