peristiwa

Siapa yang Berhasil Mengambil Simpati Warga NU Akan Menang

images (45)

SIDOARJO, JURNAL9.tv- Kebesaran dan kekuatan Jamiyah Nahdlatul Ulama selalu menjadi rebutan dalam event-event politik. Termasuk dalam Pilkada Sidoarjo 9 Desember 2020 nanti.

Semua orang sudah tahu, dalam tiga kali perhelatan Pilkada Kabupaten Sidoarjo, pemenangnya adalah siapa yang mendapat dukungan dari mayoritas warga Nahdliyin. Tiga kali berturut-turut calon Partai Kebangkitan Bangsa yang direstui NU selalu menang di atas 60 persen.

Fakta politik ini membuat semua pasangan calon bupati dan wakil bupati di Sidoarjo berhitung dengan kekuatan NU jika ingin memenangkan kontestasi pilkada tahun ini. “Hal ini disebabkan masih kuatnya pengaruh para kiai dan pondok pesantren di Sidoarjo. Ini selalu menjadi pertimbangan di setiap event politik yang berlangsung,” ujar Pengamat Politik UIN Sunan Ampel Surabaya Ahmad Khubby Ali.

Belum lagi kekuatan berbagai badan otonom NU yang juga memiliki basis massa kuat, seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, serta IPNU-IPPNU. Semuanya potensial untuk menjadi lumbung suara.

“Siapa yang jika tidak mampu merangkul Nahdlatul Ulama, baik struktural maupun kultural tentu punya PR besar. Apalagi jika tidak bisa memberikan harapan bagi perkembangan Islam moderat, Islam ahlussunnah wal jamaah yang rahmatan lil alamin. Tentu akan susah mendapat simpati warga NU,” jelas Ahmad Khubby Ali.(hid/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top