peristiwa

Malam Ini, Efek Rumah Kaca Band Akan Tampil di Haul Gus Dur

EFEK RUMAH KACA

Jakarta – Sosok KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang dekat dengan banyak kalangan tergambarr dalam Haul Kesebelas Gus Dur yang akan digelar Rabu malam (30/12) secara daring. Beberapa seniman dan selebritis akan ambil bagian Haul yang akan disiarkan secara LIVE di TV9 Nusantara dan BBS TV ini, mulai Inul Daratista, Komika Blindman Jack, Penyanyi Kerooncong Endah Laras, Musisi anak punk Marjinal Band, hingga Band indie Efek Rumah Kaca.

“Kami menghadirkan banyak orang dari ragam profesi untuk menunjukkan bahwa Gus Dur ini milik semua,” ujar Zastrow Al-Ngatawi, stage manager acara ini.

Lebih lanjut, Sastro menyampaikan Acara akan diawali dengan khatmil Qur’an setelah Maghrib di Tebuireng, Jombang. Kemudian acara dilanjut dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran di Ciganjur, Yasin, tahlil, dan doa di Tebuireng, gelar seni di Yogyakarta dan Jakarta, testimoni dari rakyat dan tokoh, serta tausiyah. Rangkaian acara akan ditutup dengan do’a yang akan dipanjatkan dari Makam Gus Dur di Tebuireng Jombang oleh KH. Husein Muhammad, salah seorang sahabat Gus Dur.

Sastro menambahkan setiap tahun acara haul Gus Dur konsisten menghadirkan keberagaman pengisi. Saat hidup atau pun setelah wafat Gus Dur bisa mempersatukan orang-orang yang berbeda.

‘Walau digelar secara daring, beberapa pengisi acara yang akan hadir di panggung dan studio sudah disiapkan mekanisme ketat penerapan protokol kesehatan seperti mewajibkan tes swab antigen, mengatur jaga jarak, dan menyiapkan tenaga kesehatan yang berjaga di sekitar lokasi Haul,’ sambungnya.

Haul Gus Dur biasa diselenggarakan mulai bulan Desember hingga bulan Maret. Tahun lalu tercatat lebih dari seratus lembaga dan komunitas yang mengadakan haul Gus Dur. Haul di Ciganjur mengawali rangkaian haul di berbagai wilayah di seluruh dunia. (*)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top