jurnal utama

Kasihan, puluhan paus terdampar di pantai probolinggo

Paus-Terdampar

Probolinggo-jurnal9.tv- puluhan ekor paus terdampar di pantai desa pesisir kecamatan gending kabupaten probolinggo jawa timur, rabu siang (15/07/2016).

Saat pertama kali ditemukan nelayan setempat, puluhan ekor paus malang itu dalam kondisi lemah. Bahkan, sebagian dari mamalia laut tersebut mencoba masuk ke aliran sungai untuk menyelamatkan diri.

Kontur dataran pantai desa pesisir yang berpasir dan berlumpur menyulitkan puluhan hewan raksasa malang itu untuk berenang. Apalagi kondisi air sedang surut.

Kehadiran banyak paus yang terdampar itu mengundang warga desa setempat untuk berduyun-duyun mendatangi lokasi pantai. Mereka bahu membahu memberikan pertolongan.

Cuaca yang sangat panas membuat paus-paus tersebut kelelahan dan menyebabkan kondisinya semakin lemah. Sebagian paus yang kondisinya cukup baik mencoba memasuki aliran sungai untuk menemukan air yang lebih dalam. Diduga paus-paus malang tersebut kepanasan setelah berjam-jam terdampar di pinggir pantai.

Puluhan paus tersebut merupakan spesies paus dengan nama ilmiah globicephala. Mamalia ini hidup di perairan beriklim hangat dan perairan tropis. Makanan utama paus yang habitatnya berkelompok ini adalah gurita, cumi-cumi, dan ikan.

Kuat dugaan paus-paus tersebut menepi karena mengejar makanan utama mereka. Namun terjebak di air laut surut dan tak berhasil kembali ke tengah laut.

Reporter: lutfi hidayat

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top