NU-PESANTREN

Jaga Sanad Keilmuan Islam di Dunia Maya, Madrasah Virtual Alkimya Diluncurkan

WhatsApp Image 2020-08-20 at 08.32.33

SURABAYA, JURNAL9.TV –
Tepat di momen Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, sebuah gerakan mengaji ilmu agama Islam di dunia maya diluncurkan. Namanya Madrasah Virtual Alkimya dimaksudkan sebagai majelis ngaji rutin Kitab Kuning Kutubul Mu’tabarah secara daring diasuh para Kiai Muda dan Mudarris Pondok Pesantren.

Launching dilaksanakan pada Kamis, 20 Agustus 2020 mulai 19.00 WIB, disiarkan secara live oleh TV9 Nusantara. Dukungan terhadap gerakan ini muncul dari berbagai pihak. Salah satunya, PT Telkom Indonesia Regional 5 Jatim, Bali, Nusra yang memiliki. Layanan internet rumah Indihome Fiber Optic.

Dijadwalkan memberikan tausiyah dan Taujihat secara virtual pula, Rois Am PBNU, KH Miftahul Akhyar yang juga Pembina Utama Madrasah Virtual Alkimya. Kiai Miftah akan mengulas seputar mengembangkan Madrasah Virtual sebagai strategi dakwah dalam bingkai Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Direktur al-Kimya, H. Ahmad Karomi, M.Th.I. menegaskan
Al-Kimya adalah komunitas virtual Muslim, diinisiasi oleh para ustad dan kiai muda pesantren yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk mengembangkan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin di internet.

Kebebasan informasi di media sosial menjadikan banyak penggunanya terpengaruh paham Islam yang tidak menyegarkan,
bertentangan dengan nilai Islam yang diwariskan salafus shalihin, Islam ramah yang berbasis keilmuan, matang dan tersambung sanadnya.

“Banyak juga yang sudah tidak mengindahkan nilai sosial, etika, harmoni, serta tidak menghormati perbedaan,” sambungnya.

Menurut Karomi, melalui gerakan ini, para penggerak Alkimya serius menetapkan semangat organisasi dengan menjadikan dakwah secara virtual, menyapa dunia internet sebagai model perjuangan dan pergerakan. Caranya, menghadirkan nilai keislaman yang didasari pada semangat akhlakul karimah.

“Mohon doa restu semua pihak, melalui internet, kami ingin menjadikan spirit Aswaja al-Nahdhiyyah sebagai landasan ideologis, baik dalam pikiran maupun tindakan dengan tetap menjaga spirit nilai-nilai kebangsaan,” pungkasnya.

hkm/*

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top