Home » Wujudkan Inklusi Keuangan, Pemprov Jatim dan OJK Bangun Sinergi Optimalkan TPAKD
EKONOMI

Wujudkan Inklusi Keuangan, Pemprov Jatim dan OJK Bangun Sinergi Optimalkan TPAKD

Surabaya, jurnal9.tv -Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung penuh upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur membentuk dan mengoptinalkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di 38 kabupaten/kota. Pemprov dan OJK juga bersepakat membangun sinergi dengan Bank Indonesia dan stakeholders mendorong percepatan akses keuangan di daerah.

Hal itu disepakati saat audiensi Pimpinan OJK Regional 4 Jatim dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (5/12). Hadir Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur Giri Tribroto bersam Direktur Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 1 OJK Jatim Nasirwan, Kepala Bagian (Kabag) Kemitraan Pemerintah Ferah M Sulaiman.

Gubernur Khofifah mengatakan keberadaan TPAKD dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong keadilan sosial, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat banyak melalui inklusi dan literasi keuangan.

“Hal ini perlu terus didorong agar seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur memiliki TPAKD. Pasalnya, TPAKD ini menjadi bagian penting untuk mendorong berbagai sektor terutama UMKM di daerah masing-masing,” ujar Khofifah.

Sebagai informasi, saat ini dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan 1 provinsi Jawa Timur tercatat tinggal satu kabupaten yang belum memiliki TPKAD. Gubernur Khofifah akan segera berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Bupati terkait agar membentuk TPAKD.

“InsyaAllah kami akan berkoordinasi dengan Pj Bupati yang dimaksud untuk dapat segera membentuk TPAKD di wilayahnya,” tegasnya.

Sementara itu Kepala OJK Regional 4 Jatim Giri Tribroto secara khusus mohon kepada Gubernur Khofifah agar berkenan mendorong Pemkab bersangkutan agar segera membentuk TPAKD. Karena menurutnya di Jawa Timur tinggal satu Kabupaten yang belum memiliki TPAKD. (*)