jurnal utama

Setelah Vaksinasi, What’s Next?

60212aec0ddfa

Program vaksinasi di Indonesia telah berjalan. Adanya program vaksinasi ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus Sars-Cov 2 penyebab penyakit Covid-19. Pakar kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, Dokter Vito Anggarino Damay pernah mengingatkan bahwa bagi yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 tetap harus menjaga diri agar tak berkontak dengan mereka yang positif Covid-19.

Karena menurutnya, orang yang divaksinasi masih ada risiko menyebarkan virus. Anjuran sejauh ini masih sama setelah menjalani vaksinasi yakni masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas agar tak terkena Covid-19 atau menularkan penyakit akibat virus Sars-Cov-2 itu pada orang lain.

Apabila setelah divaksin berkontak dengan orang yang ternyata positif Covid-19, prosedur yang perlu dilakukan menurut pakar kesehatan IDI sama seperti sebelum divaksin yakni PCR tes atau minimal Antigen Swab. Dengan demikian, pencegahan terhadap paparan Covid-19 bisa terjadi secara maksimal karena ada langkah-langkah kesehatan yang saling mendukung.

Sementara itu, terkait perkembangan kasus Covid-19 per 25 Februari 2021, Gubernur Khofifah menjelaskan kini jatim sudah tidak ada RT yang berstatus zona merah dan selama pelaksanaan PPKM mikro berlangsung Khofifah juga menjelaskan hasil signifikan juga tampak pada penurunan jumlah pasien Covid-19 yang harus dirawat di ruang isolasi biasa maupun ICU.

Dan zona merah di Jawa Timur juga mengalami penurunan yang signifikan. Di awal tahun 2021, Jawa Timur masih memiliki 8 zona merah Covid-19. Namun per 25 Februari 2021, zona merah di Jawa Timur hanya tinggal 1 kabupaten saja yaitu kabupaten Jombang.

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top